16 April 2012

Penyebar Foto Syur di Pacitan Kenal Korban Melalui Facebook

Pacitan - Ada cerita unik di balik kasus penyebaran foto syur diduga mirip PNS Pacitan beberapa waktu lalu. Hasil penyelidikan sementara, pelaku dan korban saling kenal hanya melalui jejaring sosial Facebook.

Jika hal ini benar tentu bertolak belakang dengan keterangan korban sebelumnya jika foto-foto bugil itu berada dalam HP milik korban yang sebelumnya hilang.

"Korban berkenalan melalui facebook dengan tersangka," terang AKP Wahyu Satriyo Widodo, Kasubbag Humas Polres Pacitan kepada detiksurabaya.com, Minggu (15/4/2012) siang.

Berawal perkenalan dari dunia maya, lanjut Satriyo, kedua orang berlainan jenis yang sama-sama menggunakan BlackBerry saling bertukar PIN. Dari situlah keduanya lantas berbagi foto dengan fasilitas BlackBerry Messenger (BBM).

Anehnya, selama berkomunikasi dengan korban, tersangka tidak pernah membuka jati diri. Sebaliknya, gambar yang dikirim justru foto orang lain.

"Foto yang diberikan pelaku kepada korban bukan foto aslinya. Fotonya orang yang cakep dan gagah dan sebagainya," papar mantan Kapolsek Ngadirojo itu.

Rupanya, siasat tersangka benar-benar ampuh. Korban diduga terkecoh. Hingga foto pribadi yang menampilkan bagian intimnya pun dikirim kepada tersangka. Ujungnya, selang beberapa bulan kemudian foto-foto panas itu menyebar melalui akun facebook milik Dinas Perhubungan Kominfo setempat.

Tentu saja, polisi masih mengembangkan kasus ini. Apalagi pengakuan tersangka sangat berbeda dengan keterangan sebelumnya jika file-file foto menyebar bersamaan HP korban yang hilang. Hanya saja, saat ini polisi baru fokus pada pemeriksaan tersangka. Informasi yang dihimpun, polisi masih menjadwalkan pemanggilan korban untuk dikonfrontir dengan pelaku.

"Tentu saja seperti itu (polisi akan meminta keterangan korban, red), tapi sementara masih fokus pada tersangka," imbuh Wahyu Satriyo.

Seperti diberitakan, polisi menangkap AT (34) warga Bekasi Selatan, Jawa Barat dalam kasus dugaan penyebaran foto syur mirip karyawati PNS Pacitan. Saat ini tersangka diamankan di Mapolres Pacitan untuk pemeriksaan.

Sebelumnya, foto-foto berpose menantang tersebut sempat menggemparkan lantaran muncul di akun facebook milik Dishub Kominfo dengan cara ditautkan.

(fat/fat)