26 August 2012

Universitas Soerjo


                   
                  Sejarah Dan Makna Lambang Universitas Soerjo


Dasar Pendirian

Universitas SOERJO Ngawi didirikan pada tanggal 29 Agustus 1981 dan berkedudukan di Kota Ngawi, Jawa Timur. Prasasti dasar Universitas SOERJO atau Surya Sengkala Universitas SOERJO di tulis dalam bahasa Kawi yang berbunyi :


“ SURYA MANGGALA ARUMING BAWANA”


Yang berarti bahwa Universitas SOERJO Ngawi didirikan pada tahun 1981 dengan harapan dapat menghasilkan Pemimpin bangsa yang besar, sehingga dapat membawa kejayaan dan kemakmuran bagi bangsa dan negara Indonesia.


Lambang Universitas


Universitas SOERJO Ngawi mempunyai lambang dengan bentuk sebagai berikut. Lambang Universitas SOERJO berbentuk segilima beraturan dengan warna dasar kuning, di tengah terdapat 3 patung yang merupakan satu kesatuan, yaitu patung Gubernur SOERJO, Kompol M.Doerjat dan Kompol Soeroko, diatasnya terdapat bintang segi lima dengan pancaran sinar sebanyak 8, di tepi patung pada kanan dan kiri terdapat untanai padi sebanyak 10 butir dan kapas sebanyak 7 buah. Loga Universitas SOERJO Ngawi adalah sebagai berikut :


Adapun arti dari lambang tersebut adalah :

  1. Segilima, mewujudkan bahwa Universitas SOERJO menganut falsafah Pancasila
  2. Patung Gubernur SOERJO dan 2 rekannya adalah untuk mengenangkan jiwa kejuangan dari Gubernur SOERJO yang menjadi kurban kebiadaban PKI Muso pada tahun 1948 di desa Pelang Lor, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi.
  3. Bintang segi lima, menujukkan bahwa Universitas SOERJO dijiwai oleh semangat Ketuhanan Yang Maha Esa , Sinar berpendar 8 menunjukkan untuk mengenang bulan bersejarah bagi bangsa Indonesia, yaitu Agustus, saat diproklamasikannya kemerdekaan RI.
  4. Untaian padi dan kapas, melambangkan angka akeramat, yaitu 17 bagi bangsa Indonesia, dan generasi yang dibangun oleh Universitas mempunyai tekad yang kuat untuk mewujudkan kemakmuran bagi masyarakat dan bangsa Indonesia
  5. Warna kuning emas adalah lambang keagungan, dimaksudkan bahwa segenap civitas academika Universitas SOERJO menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia.