29 January 2012

Awal Mula Dangdut Koplo

Salam Dangdut!
Dangdut? Jesal Indonesia, Rhoma Irama n Sonetanya, Inul Daratista n Ngebornya, atau Dewi Persik n sensasinya, may be right, may be not? Yang jelas dangdut adalah aliran musik made in Indonesia yang sedikit mengadopsi musik hindi uang khas dengan gendang atau sedikit goyangnya.
Pada era 60-an Mashabi dan Elia Khadam artis untuk pertama memperkenalkan n melagukan, walau pada masa itu semua masih relatif sederhana dalam segala hal, Syair, Lagu, Aransement atau bahkan penampilan, tapi tetep aja angkat topi tinggi-tinggi buat mereka berdua n para musisi yang mendukung mereka. Dan perlu di ingat zaman ini masih belum lahir yang namanya Dangdut, nich masih asli Musik Serumpun alias Musik Melayu.
Di era 70-an musik melayu ini semakin mendapat hati di telinga pencinta musik tanah air khususnya di Jawa dan klimaknya pada tahun 1973 dengan berkibarnya bendera Orkes Melayu ( OM ) Soneta yang di motori oleh Rhoma Irama dan ditahun ini pulalah launching album perdana Soneta , kemunculan Soneta rupanya jadi inspirasi musisi bahkan penyanyi di Indonesia pada masa itu dan sudah barang tentu sampai sekarang, maka muncullah penyani seperti A. Rafik, Nur Halimah, Elvi Sukaisi, Mansur S, dll. Dari tahun ketahun perkembangan industri musik ditanah air semakin mengila, tak terkecuali musik dangdut. Pada era 80 – 90-an musik dangdut mulai mengalami metamorfosis, ada Pop Dangdut, Rock Dangdut, Disco Dangdut dan pada akhirnya di era 2000-an booming aliran dangdut baru yang disebut orang sebagai Dangdut Koplo. Siapa dan darimana asal, macam apa pula musikkoplo?
Nah…. Ini yang akan kita kupas tuntas tanpa ada sensor
Apa yang membedakan dangdut koplo dengan dangdut lain? Nothing difference! But, dangdut koplo memiliki specific characteristic pada tempo dan permain gendang. Jadi kalau kita ‘mbahas dangdut koplo pertanyakannya adalah siapa yang pertama kali yang memainkan gendang?
Dangdut koplo pertama kali di mainkan dalam sebuah komunitas kecil di sebuah daerah pingiran kota Surabaya pada tahun1993 tepatnya di daerah Girilaya atau lebih spesifiknya di “Gang Jarak”. Dan pada saat itu yang pegang gendang adalah Cak Naryo bahkan saat itu disebut dangdut kotekan ( Musik patrol untuk membangunkan warga di bulan Romadhon pada saat sahur ). Permainan gendang Cak Naryo akhirnya disempunakanoleh Cak Sugeng yang akhirnya menjadi dangdut koplo, pada era ini mulailah banyak bermunculan musisi dangdut koplo hingga akhirnya OM. Avita ( Cak Udin yang pada saat itu pegang gendang ) mengenalkan dangdut yang enerjik pada masyarakat Jawa Timur pada umumnya dan Surabaya pada khususnya. Tapi seiring waktu banyak bermunculan Orkes-orkes Melayu semisal Bianglala, Pallapa, Sera serta maraknya VCD bajakan yang sangat berpengaruh pada berkembangnya musik Koplo di Jawa Timur, akhirnya muncullah sosok penabuh gendang koplo yang mungkin paling kreatif dengan segudang improfisasi sehingga “ mungkin “ sosok inilah yang cukup berpengaruh dan mempengarui permainan gendang orkrs melayu saat ini. Siapa tak kenal Cak Slamet New Palapa,menurut beberapa sumber dan bahkan survei yang aku lakukan, Cak Slamet bisa dinobatkan sebagai The best of the bestnya pemukul kendang. Dalam memainkan gendang slamet begitu menjiwai bahkan sangat-sangat menikmati permainnan gendangnya. Sehingga banyak orang yang salah tafsir dengan mengatakan yang ngoplo pertama kali adalah Slamet New Pallapa, padahal seperti uraian diatas, orang yang pantas dihormati dan di banggakan adalah Cak Naryo kemudian Cak Sugeng ( walau aq sendiri ‘gak wero wonge ) tapi tentu saja tidak mengurangi rasa hormat dan penghargaan kepada Slamet.
Permainan kendang slamet tidak bisa dianggap remeh, kelincahan serta kecangihan memainkan jemari tangan diatas gendang emang tak perlu diragukan lagi, belum lagi improfisasi dan kecerdasanya dalam mengolah gendang adalah merupakan satu kelebihan dari si slamet, Salut es!
Tapi, sekali lagi, bukan perform musisi yang kita nilai semua, musisi dangdut koplo cerdas cerdas dan cangih dalam bermain kendang, memang dari masing masing pemaingendang memiliki ciri khas masing masing. dan yang selalu membuat aku bangga kepada insan dangdut adalah kerja keras untuk mempertahankan musik dangdut terus berkiprah di dunia industi musik Indonesia.
salam kepada Musisi dan penyanyi Lokal maupun Nasional, jayalah selalu musik Tanah air.
kepada para pembaca mohon maaf apa bila ada kekeliruan dalam tulisan aq ini, mungkin info yang aq korek kurang sempurna, aq mengharap masukan dan kritik yang membangun, thanks n brovo musik dangdut tanah air.